Pada dasarnya, tujuan tidur yang paling utama adalah untuk recharge energi. Namun, pernahkah Anda merasa bangun tidur kepala pusing dan seolah energi tersedot habis karenanya? Atau, setelah bangun tidur, Anda malah merasa badan tidak segar dan tidak memiliki motivasi untuk memulai aktivitas harian?

Apabila Anda pernah mengalami kondisi tersebut, maka sekarang Anda sudah berada di halaman yang tepat. Sebab, di sini Anda akan mempelajari tentang apa penyebab kepala pusing setelah bangun tidur dan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. 

Namun sebelum itu, alangkah lebih baik jika Anda mengenali apa saja gejala atau indikasi sakit kepalanya terlebih dahulu pada penjelasan berikut! 

Indikasi Pusing Setelah Bangun Tidur

Orang yang merasa sakit kepala ketika bangun tidur

Ada banyak jenis sakit kepala dengan indikasi yang tidak sama. Anda bisa merasakan:

  • Sensasi kepala melayang
  • Ruangan seakan berputar 
  • Rasa nyeri berdenyut di area kepala
  • Kepala dan otot di sekitar leher tidak bisa rileks dan terasa pegal
  • Tubuh lemas hingga merasa akan pingsan

Terkadang, Anda hanya merasakan satu indikasi saja. Namun, tidak jarang ada yang merasa dua hingga tiga indikasi terjadi bersamaan, misalnya bangun tidur kepala pusing badan pegal-pegal. Apa saja pemicunya?

Pemicu Kepala Pusing saat Bangun Tidur 

Sebenarnya, pemicu sakit kepala setelah bangun tidur cukup bervariasi. Anda bisa merasa sakit kepala karena hal-hal di bawah ini:

1. Sleep Apnea

Orang yang mengalami sleep apnea dan orang yang terganggu akibat dengkuran

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur? Atau, mungkinkah napas Anda terengah-engah ketika tidur? Jika iya, maka Anda perlu waspada karena bisa jadi ini adalah tanda-tanda sleep apnea.

Kondisi ini bisa terjadi saat saluran napas bagian atas tersumbat atau otak Anda tidak mengirimkan sinyal yang diperlukan untuk bernapas.[1] Akibatnya, Anda berhenti bernapas untuk beberapa saat ketika sedang tidur. 

Karena tidak bernapas, maka secara otomatis oksigen pun tidak masuk ke dalam tubuh. Kondisi kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan bangun tidur kepala pusing dan gelap. 

2. Hipotensi

Orang yang mengalami hipotensi

Kenapa bangun tidur kepala pusing berputar? Jika kerap merasakan hal ini, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Pada kondisi ini, pompaan jantung tidak cukup untuk mengalirkan darah ke organ-organ penting di dalam tubuh, termasuk ke otak.[2]

Karena tekanan darah yang rendah, jumlah oksigen di dalam otak pun otomatis akan berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa setiap bangun tidur kepala pusing dan mual. 

3. Dehidrasi

Orang yang mengalami dehidrasi

Ketika Anda tidur dalam keadaan panas, tidak jarang Anda akan mengalami dehidrasi. Terlebih jika Anda tidak meminum air putih sebelum pergi tidur. Hal ini karena cairan yang Anda keluarkan (melalui keringat) lebih banyak daripada cairan yang Anda konsumsi (melalui air putih).[3]

Dehidrasi sendiri bisa menimbulkan rasa lemas dan sakit kepala ketika bangun tidur karena kekurangan cairan tubuh. 

4. Salah Posisi Tidur

Orang yang mengalami pegal karena salah posisi saat tidur

Salah posisi ketika tidur juga dapat menimbulkan rasa sakit kepala atau headache. Biasanya, rasa sakitnya berupa nyeri kepala dan terasa berdenyut. Badan pun akan pegal-pegal dan tidak segar. Hal ini jelas akan mengganggu aktivitas lain yang menunggu Anda setelah bangun tidur. 

Cara Mengurangi Risiko Pusing saat Bangun Tidur

Jika Anda mengalami kasus-kasus di atas, cara menghilangkan pusing saat bangun tidur itu cukup mudah. Umumnya, Anda hanya perlu mengonsumsi obat sakit kepala dan beristirahat dengan cukup. Namun, kali ini pastikan jika Anda melakukan hal-hal berikut ini sebelum tidur! 

1. Pastikan Asupan Air Putih Cukup

Orang yang sedang minum air setelah bangun tidur

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan jika asupan air putih sudah cukup. Minimal, Anda perlu 2 liter per hari. Itu pun adalah porsi di situasi normal. Jika cuaca sedang panas atau saat Anda banyak berkeringat, maka Anda perlu menambah porsinya. 

Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi air putih tanpa takut terbangun tengah malam karena ingin ke kamar mandi adalah dua jam sebelum tidur.[4] Di samping itu, mengonsumsi air putih di pagi hari ketika Anda baru bangun juga bisa membantu mengatasi dehidrasi. 

2. Gunakan Kasur dan Bantal yang Tepat

Orang yang sedang tiduran di Bliss Mattress dari Domi

Untuk mengurangi risiko pusing saat bangun tidur, Anda juga perlu memakai kasur dan bantal yang tepat. Pastikan jika keduanya dapat menyesuaikan bentuk tubuh untuk memberikan dukungan yang optimal. Selain agar pasokan oksigen aman, cara ini juga bisa menghindari salah posisi saat tidur. 

Anda bisa menggunakan kasur Bliss Mattress dan Memory Cloud Pillow dari Domi. Hal ini karena keduanya terbuat dari material OpenCell Memory Foam yang bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Selain itu, keduanya juga memiliki sifat anti panas dan bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.Karena itu, kasur dan bantal dari Domi memang bisa menjadi solusi ketika Anda mengalami bangun tidur kepala pusing. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki kasur dan bantal berkualitas terbaik dari Domi saat ini juga!